Monday, April 9, 2018

MATERI : Kamera

MATERI

Sumber : http://deras.co.id/2017/08/22/kamera-dari-masa-ke-masailmuwan-muslim-ini-pionirnya/

Kamera menjadi salah satu alat optik yang sering kali digunakan pada zaman sekarang ini.
Pada dasarnya prinsip kerja kamera mirip dengan prinsip kerja mata. terdapat beberapa bagian utama dalam kamera yaitu : lensa kamera, diafragma, film, cermin  dan prisma.
Seperti halnya lensa mata, lensa pada kamera menggunkan lensa cembung yang berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk kedalam kamera. lensa kamera dapat digeser hal ini bertujuan untuk mengatur fokus lensa mirip dengan prinsip akomodasi mata, ketika lensa kamera dimajukan maka jarak antara fokus lensa dengan kamera akan bertambah sehingga bayangan akan terlihat lebih besar begitupun sebaliknya. Dibelakang lensa terdapat diafragma yang fungsinya sama dengan iris pada mata yaitu untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk kedalam kamera. Dibagian terdalam kamera terdapat film yang fungsinya sama seperti retina pada mata yaitu untuk menangkap bayangan dengan sifat nyata, terbalik, dan diperkecil. Pada kamera-kamera jenis tertentu ditambahkan cermin dan prisma untuk memantulkan bayangan sehingga bayangan yang dilihat oleh mata bersifat tegak.
Perhatikanlah tayangan berikut ini untuk lebih memahami pembentukan bayangan pada kamera tak berakomodasi!!

REFERENSI

Ginanjar, Agie. 2014. Intisari Fisika SMA. Bandung : CV Pustaka Setia
Serway, R., & Jewett, J. W. (2010). Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Salemba Teknika.
Sunardi dkk. 2017. Fisika untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung : Penerbit Yrama Media

Klik tombol download dibawah ini untuk mendapatkan materi kamera dalam format pdf.



Share this

0 Comment to "MATERI : Kamera"

Post a Comment